Cirebon, sebuah kota yang terkenal dengan julukan "Cirebon Kota Udang" yang terletak di pesisir utara Jawa Barat, Indonesia, dan juga terkenal dengan keraton dan sejarahnya yang luas, serta makanannya yang unik dan beragam. Makanan khas Cirebon memiliki cita rasa yang unik dan kaya rempah-rempah, yang mencerminkan pengaruh dari berbagai budaya yang telah tiba di sana. Beberapa makanan khas Cirebon yang harus kamu coba:

Foto dari Wikipedia 

1. Empal Gentong

Salah satu makanan khas Cirebon adalah empal gentong. Empal gentong dimasak dalam kuah santan berempah dan disajikan dengan lontong atau nasi. Proses memasak yang panjang membuat dagingnya sangat empuk dan bumbunya meresap sempurna. Hidangan ini sangat lezat karena kuahnya yang gurih dan kaya rempah.


2. Nasi Jamblang 

Nasi jamblang adalah makanan yang terbuat dari nasi dan dilengkapi dengan berbagai macam lauk-pauk. Nasi Jamblang unik karena dibungkus dengan daun jati. Terung balado, perkedel kentang, tempe dan tahu goreng, cumi hitam, olahan telur, paru, sate kentang dan sambal goreng cabai adalah beberapa lauk yang biasanya disajikan dengan nasi jamblang.


3. Tahu Gejrot

Tahu gejrot adalah makanan yang sangat disukai di Cirebon. Terbuat dari tahu goreng dipotong menjadi potongan kecil dan disiram dengan kuah khas yang dibuat dari campuran gula merah, bawang merah, bawang putih, cabai, dan asam jawa. Banyak orang menyukainya karena rasanya yang sangat lezat.


4. Docang 

Docang adalah makanan khas Cirebon yang terbuat dari daun singkong, tauge, lontong, dan kerupuk yang disiram dengan kuah oncom yang gurih. Kuahnya yang lezat membuat Docang menjadi pilihan yang baik untuk sarapan pagi. 


5. Mie Koclok

Mie koclok adalah hidangan mie yang dibuat dengan kuah kental yang terbuat dari santan dan kaldu. Biasanya disajikan dengan potongan ayam, telur, dan berbagai sayuran, dan rasanya gurih dan lezat.


Kalau kamu lagi mampir di Cirebon atau orang Cirebon, jangan lupa untuk mencoba berbagai makanan khas Cirebon. Bukan hanya dapat menikmati makanan yang lezat, tetapi juga dapat merasakan kekayaan sejarah dan budaya yang terkandung dalam setiap suapan. Selamat m

encoba!